Minggu, 08 April 2012

Tips agar hubungan bisa langgeng


Love Forever

   Apa sebenarnya yang menjadi penyebab gagalnya sebuah pernikahan? Menurut sebuah penelitian, pasangan yang bercerai, awalnya hanya dipicu oleh pertengkaran kecil.
Menurut sebuah survey yang dilakukan di Amerika, hampir 90 persen pasangan di era tahun 2000-an ini mengalami kegagalan di pernikahan pertamanya.
Penyebabnya, banyak dipicu oleh hal-hal kecil yang akhirnya menjadi pertengkaran hebat pada pasangan suami istri tersebut.
Tragisnya, perceraian jaman sekarang sudah layaknya seperti trend fashion, yang bisa mewabah dari satu pasangan ke pasangan lainnya.
Survey tersebut juga menemukan, bahwa seorang anak yang orangtuanya bercerai, memiliki potensi besar untuk bercerai pula, ketika nanti ia menikah.
Apa sebenarnya yang menjadi duduk persoalan? Kebanyakan pasangan bercerai mengaku, masalah finansial menjadi alasan nomor dua berakhirnya hubungan pernikahan. Sedangkan alasan pertamanya adalah, perselingkuhan.


Ada sebuah prinsip yang mengatakan," jangan pernah membawa masalah dan emosi sampai ke tempat tidur." Hal ini terbukti benar, menurut Shae Graham Kosch, PhD, seorang pengajar kepribadian di Florida, University, pasangan yang bercerai biasanya membiarkan masalah mengendap hingga terbawa tidur. Padahal solusi terbaiknya adalah, selalu berpikir positif dan mendengarkan serta mendiskusikan permasalahan dengan pasangan tanpa ada kritikan atau saling menyalahkan.
Ada beberapa tips arahan Carolyn Gerard, seorang terapis pernikahan dan keluarga yang bisa Anda ikuti:
- Prioritaskan waktu bersama pasangan. Jika ada masalah, duduk bersama lalu diskusikan akar permasalahannya sebelum makin membesar.
- Hati-hati dalam mengawali pembicaraan. Sebelum melempar topik sensitif, ingatkan diri untuk selalu menjaga perasaan pasangan Anda, agar tidak terjadi konfrontasi.
- Beri perhatian pada pasangan dengan cara yang layak.
- Keluar dari bahasan argumentasi, jika mulai mengarah pada pertengkaran. Hal ini demi mencegah sikap pasangan menjadi kelewat batas.
- Ingat aturan "Five to One" yang berarti Anda dianjurkan untuk membuat 'kalimat positif' atau 'kalimat cinta', sebanyak 5 kali sehari untuk pasangan dan hubungan Anda.
di bawah adalah inti mengapa hubungan bisa langgeng, simak yuk :))
1JujurJika ada hal-hal yang kamu tidak suka dari dia, coba kamu ngomong saja sama dia . pasti dia juga akan ngertiin kamu.
2. Jadilah Dirimu Sendiri
Menjadi diri sendiri itu perlu,wajib malah. Kamu tidak perlu meniru gaya orang lain hanya karena dia.
3. Tulus
Cinta itu harus tulus. Bila kamu melakukan sesuatu untuk dia, seperti memberi sesuatu atau membantu dia, janganlah diungkit-ungkit, maka si dia akan berpikir bahwa kamu tidak serius sama dia.
4. Terbuka
Jangan suka berbohong sama dia. Misalakan ada hal yang malu kamu ceritakan ke dia,lalu kamu bohong, itu akan menimbulkan ketidak percayaan pasangan kamu.
5. Kata “Maaf”
Maaf memang ada batasnya. Namun, tidak ada salahnya juga kamu selalu siapkan kata maaf bila kmu melakukan suatu kesalahan. Namanya juga manusia, pasti ada salah dan ngga sempurna. Kita sendiri kan ngga perfect.
6. Kejutan
Jangan segan untuk memberi kejutan buat sidia. Misalnya, kamu buatkan makanan kesukaannya atau bawakan sekotak coklat. Mmmmm … doi pasti tambah care deh sama kamu.
7. Selalu Perhatian
Perhatian sanagt diperlukan pasangan kamu, maka perhatian sekecil apapun si dia akan berguna dan bangga banget sama kamu. Misalnya, doi sakit. Cek dia , atau tengok dia, beri si dia sedikit perawatan agar sidia merasa berarti.
8. Dekat Keluarga
Alangkah baiknya juga kamu dekat dengan keluarganya. Minimal, kamu kenal dengan mereka. Sehingga, jika ada apa-apa, komunikasinya mudah. Kamu pun bisa mendapat dukungan dari mereka lho.
9. Tidak Posesif
Memang sih, ngga’ enak kalo’ ngeliat doi kita akrab dengan banyak orang. Tapi ngga’ perlu posesif, kamu selalu memantau dia ada dimana, bersama siapa, dan lagi ngapain, cemburu dll, itu hanya aknan membuat pasangan jengkel sama kamu. Jadi intinya adalah saling percaya.
10. Hargai Privacy
Meskipun kamu dan pasangan terbuka, tapi tidak semua hal bisa dibicarakan berdua. Hargai juga privacy dia. Apa yang perlu kamu ketahui dan apa yang sebaiknya jangan kamu campuri dia punya urusan.

(semoga yang sudah membaca cerita pendek ini hubungan nya bisa baik baik saja dan tentunya langgeng. maaf bila ada tutur kata atau kesalahan dalam penulisan teks).

Selamat Mencoba....

0 komentar: