Senin, 09 April 2012

Distance Dating (pacaran jarak jauh)


Biarpun jarak terbentang lautan dan samudera, hati bakal tetap menyatu selama ada cinta (cieee…). Well, yang namanya udah sayang pasti kita bakal bilang okeoke aja meski pacar kita tuh jauhh…. Alasannya, “Kan yang penting udah ada Internet, telepon, dan SMS. Jarak jauh ya nggak masalah”.
Bulan-bulan pertama melewatinya sih oke-oke aja, tapi kok makin lama makin bete, yah? Nggak ada tuh ngerasain yang namanya dipeluk ama pacar atau dihibur pake kiss mesra di pipi waktu kita lagi sedih. Akhirnya banyak juga yang menyerah dengan masalah jarak yang terbentang ini. Semboyan di awal, biar tubuh jauh yang penting hati menyatu, kayaknya tinggal kata-kata aja.

Makanya nih, sebelum kamu memutuskan menerima si Pedro yang tinggal di Brazil sementara kamu di Indonesia, atau membayangkan pulsa internet kamu membengkak gara-gara chatting sama Anto yang lagi di Makassar, mendingan kamu pikirin dulu deh tentang hubungan jauh itu kayak gimana. Tapi tenang aja, di sini ada beberapa tip yang moga-moga aja nih bisa ngebantuin kebingungan kamu.
- Coba liat deh udah seberapa lama kamu pacaran. Kalo emang kamu sama dia udah pacaran cukup lama yang kayaknya bakal sayang banget untuk putus, atau dia cowok superbaik yang bisa diyakinin kesetiaannya, umm… kamu boleh deh mempertahankan dia sebaik-baiknya. Anggap aja pacaran jarak jauh ini sebagai ujian buat kalian berdua. Kali aja sewaktu kalian ketemu lagi malah jadi pasangan yang lebih kompak daripada mereka yang barengan terus. Tapi kalo ternyata setelah kamu pikir-pikir, dia (atau malah kamu?) nggak cukup bisa setia dan dipercaya, mendingan kamu stop pacaran. Bisa juga sih, kalian coba jalanin dulu baik-baik dan liat seberapa sulit `medan’ (godaan, masalah biaya yang cukup mahal atau perbedaan waktu yang cukup signifikan) yang mesti kalian hadapi. Kalo emang ternyata sulit buat kalian hadapi bersama, boleh kok putus dulu. Dan setelah dia batik, kalian boleh mencoba menjajaki lagi hubungan sebelumnya, syukur-syukur sih masih cocok.
- Bikin daftar apa aja sumber komunikasi kalian berdua, dan berapa biaya yang kira-kira mesti kalian habiskan. Kalo kamu cuma bisa menelepon dia tiga kali seminggu selama sepuluh menit aja, atau ternyata kalian berdua nggak cukup punya waktu buat chattingan bareng, coba deh cari cara lain yang lebih efektif buat menyatukan hati kalian. Kamu bisa kirimin video keseharian kamu, juga rekaman curhatan kamu. Atau kamu minta dia untuk ngirim foto-fotonya yang menunjukkan dia berpose sambil bawa foto kamu. Jadi, kesannya kan kalian lagi jalan berdua. Kirimi surat dengan foto dia, plus tanda bibir kamu lucu juga, terus semprot deh dengan parfum kesukaanmu biar dia ingat kamu terus. Pokoknya kamu mesti kreatif deh buat bikin hal-hal unik dan bernilai lebih daripada menghabiskan pulsa HP untuk ber SMS-an sama dia.
- Jangan deh, kamu ngabisin waktu buat mikirin dia lagi ngapain, sama siapa atau mengkhayal kamu bisa terbang ke tempat dia. Mendingan kamu isi waktu deh dengan hal-hal lain yang lebih bermanfaat daripada stres sendiri mikirin pacar. Berilah pacar kamu kepercayaan, dan kamu sendiri juga harus bisa memegang kepercayaannya. Jangan gara-gara banyak waktu luang tanpa dirinya, terus kamu beralasan nyari ‘serep’ dan jalan sama cowok lain, sementara kamu masih bermulut manis bilang masih setia sama pacar yang nggak bakal tau kebohongan kamu. Kalo kayak gitu mendingan putus deh, daripada menipu hati orang yang percaya banget sama kamu!
Pacaran jarak jauh juga bisa jadi alasan kita buat nabung loh. Karena pengen nengokin pacar yang jauh, pasti bakal bikin kamu semangat buat nabung. Lumayan loh, itung-itung kita bisa sekalian jalan-jalan di kota atau negara tempat pacar kita berada. Ayoooo, makanya buruan mulai nabung dari sekarang!!
- Pajang semua benda-benda kenangan yang bakal bikin kamu serasa bareng terus sama dia. Bikin foto pacar seukuran poster juga boleti, tuh. Kamu
jadi bisa curhat setiap hari sambil liatin dia. Atau kalo lagi bete, liat aja tampang manisnya. Bisa juga tempelin fotonya pada boneka raksasa buat kamu peluk atau ditonjok-tonjok waktu kamu lagi rebel sama dia, hehehe….
- Biasain untuk saling jujur, kalo kalian biasa ngobrol
“Iagi ngapain?” atau “udah makan belom?” coba deh, ganti obrolan yang bersifat realistis, misalnya ceritain masalah-masalah kamu, atau tanyakan kabar teman-temannya di sana. Jadi, kalian bisa sating menyelami kehidupan masing-masing tanpa perlu ketemu muka. Kamu bisa tau kebiasaan ngorok teman sekamarnya, dan dia juga bisa tau kalo kamu hobi banget pake kaus X-Men punya adik kamu. Usahain supaya kalian biasa ngomong jujur dan apa adanya. Kato udah sating jujur dan terbuka, kamu pasti bisa ngebaca loh saat dia bohong, entah tibatiba dia jadi Iebih tertutup atau ada cars bicaranya yang aneh.
- Jangan suka penasaran ber-lebay—berlebihan
yang bikin kamu nyoba nge-hack e-mail atau minta seseorang buat mata-matain pacar kamu. Duh, berpikir positif aja deh. Jangan sampe kamu bikin masalah cuma karena penasaran terus malah ngeganggu privasi dia. Ada loh teman saya yang bela-belain ngebayar orang untuk nge-hack e-mail pacarnya, eeehh ternyata isinya cuma e-mail dari dia doang. Nggak lucu kan uang habis terkuras buat hal yang nggak penting.Setelah kalian nyoba hubungan jarak jauh dan ternyata nggak berhasil, ehmm… kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa kalian nggak kuat menghadapi jarak yang terlalu jauh. Mungkin emang sedih banget, tapi pikir positif aja. Setidaknya kamu nggak perlu rugi pulsa lagi, atau ngeluarin biaya yang cukup gede buat pacaran. Kamu tinggal menghapus semua email dan datanya dari komputer juga hati kamu. Emang sulit sih, tapi percaya deh kamu pasti bisa.
Pacaran jarak jauh emang ujian yang cukup sulit, tapi setelah melewati ujian ini bakal ketauan deh seberapa berharga hubungan kalian. Buktiin sama dunia kalo jarak itu nggak bakal melunturkan cinta kalian. Semoga berhasil melewati ujian!

0 komentar: