Senin, 09 April 2012

80 cara menghilangkan stres


  1. Coba jalan telanjang kaki, dan gulung karpet anda, rasanya anda bakal serasa di rumah peristirahatan dan sedang liburan.
  2. Coba buat seprai kamu berbau vanila atau lavender, dan selalu gunakan seprai dengan bau tersebut masih nempel, kamu akan ngerasa jauh lebih rileks
  3. Tau buble wrap? bungkusan yang ada tonjolan yang isinya udara, pecahin aja. Kalo ga nemu, coba maen ke virtual-bubblewrap.com.
  4. Yoga cepat: dari posisi tegak, membungkuklah dan letakkan telapak tangan anda di paha. Dengan dagu sejajar dengan lantai, tarik napas dan kembangkan dada anda. Hembuskan dan lengkungkan punggung anda seperti kucing.
  5. Tiup balon pelan2, 3 detik tiap kali tiup.
  6. Coba liat langit biru, dan pandangin awan yang sedang berarak.
  7. Coba nonton The Office di nbc.com/theoffice.
  8. Pijat mini: berbaring, dan letakkan bola tenis di tempet yang kamu ngerasa ototnya kaku, terus coba gerakin supaya bola tenisnya "memijat" badan anda
  9. Coba rendam handuk kecil dalam air yang dicampur minyak vanila atau lavender, terus dimasukkan ke microwave sampai beruap. Gosokkan di belakang leher, wajah, dan tangan yang kaku
  10. Matikan layar komputer. Terus coba bayangin tempat yang asik buat liburan, 5 menit aja, terus nyalain lagi layar komputer anda.
  11. Coba main2 ke situs2 yang lucu2
  12. Coba beli buket bunga yang warnanya biru dan ungu, efeknya menenangkan lho. Taruh dimeja anda.
  13. Tau game yang mukulin orang sampe bonyok? coba mainin deh. ngurangin stres banget lho
  14. Coba cari gambar Water Lilies, buatan Monet di Internet, terus pandangi lama2
  15. Coba oleskan minyak lavender di pergelangan tangan dan cium baunya beberapa kali.
  16. Masuk ke sprayology.com, ada larutan yang membantu anda meredakan stres, ikuti caranya.
  17. Coba minum teh hijau. Minuman ini penuh dengan theanin, yang meningkatkan produksi gelombang alfa dari otak dan menurunkan produksi gelombang beta yang menyebabkan ketegangan
  18. Refleksologi sederhana: coba tekan2 ujung jari anda, membantu "membersihkan" kepala anda. Atau, coba pegang satu2 ujung jari anda dengan jari telunjuk dan jempol tangan yang lain, dan putar jari yang ada jempol seperti pensil. percaya atau tidak, hal ini membantu melemaskan otot di leher dan membantu peredaran darah
  19. Coba main Bejeweled 2 atau BookWork yang gratis aja di popcap.com. Game ini didesain oleh ahli stress, game ini membuat anda konsentrasi tanpa meningkatkan adrenaline atau level kekerasan yang anda hadapi.
  20. Sentuh saja jimat atau benda yang berarti bagi anda, kristal, boneka, apapun yang membuat memori anda nyaman.
  21. Yoga cepat: Duduk, dan pada saat mengambil napas, sentuhkan ujung lidah ke langit2 mulut. Hembuskan napas dan rilekskan lidah. Ulangi
  22. Minum air dingin, lalu jalan2 di luar. Air dingin ini akan membantu peredaran darah, dan udara yang ada akan membantu stimulasi endorfin yang akan mengurangi stress anda.
  23. Pecahkan fokus anda, aduk kopi anda berlawanan arah, tutup mata dan gumamkan lagu kesayangan anda, minum soda, tapi pastikan habis pada saat sedotan ke 24, atau ke 17, atau ke 27, terserah anda..
  24. Coba masuk ke thenonion.com berita koran boong2an yang lucu
  25. Mandi air anget, coba pakai gel mandio mewah dengan bau2an lavender, chamomile dan kenanga.
  26. Pijat mini: mulai dari tulang dibawah daun telinga, pijat perlahan2 dengan jempol dan telunjuk, urut ke atas daun telinga, dua atau tiga kali, lalu gosok
  27. Coba minum teh pahit, bukan kopi. Suatu penelitian di University College London menunjukkan minum teh pahit empat kali sehari selama enam minggu menurunkan kadar hormon cortisol (hormon yang menaikkan stress)
  28. Coba letakkan pemanas misal: ThermaCare HeatWrap di bahu atau pinggang bawah anda.
  29. Coba genggam stress ball selama 2 detik, lepaskan. Ketika otot anda mengendur, ketegangan anda jg akan berkurang...
  30. Pegang tangan orang yang anda kasihi. Gelombang otak menunjukkan cara ini mengurangi stress dengan sangat cepat.
  31. Yoga cepat: Duduk tegak, biarkan tangan anda lemas di samping badan. Tarik napas, dan pada saat menghembuskan napas, gerakkan badan kedepan, sampai dada anda menempel di paha. Tegakkan badan perlahan sambil menarik napas.
  32. Coba nyalakan lilin dengan bau lavender, dan hirup napasnya dalam tiga kali tarikan napas yang panjang dan pelan, lewat hidung. Kemudian hembuskan napas perlahan melalui mulut, hembuskan ke lilin, tapi jangan sampai apinya mati, cukup bergoyang perlahan.
  33. Gendong bayi yang sedang tidur.
  34. Lembabkan kantung teh lavender atau teh chamomile, kemudian letakkan di mata anda yang lelah.
  35. Ajak anjing anda berlari2 seputar taman
  36. Simpan mainan kecil di meja kerja anda, dan mainin sebentar sampai anda rileks.
  37. Yoga singkat: sambil baca email, tarik napas pelan2 dan fokuskan pada napas anda. Usahakan hembusannya dua kali lebih panjang daripada tarikannya.
  38. Cari bodi lotion yang "membuang stress" oleskan ke badan anda, selain memperhalus kulit, stress jg berkurang sampai 50 persen...
  39. Yoga singkat: ketika berdiri atau duduk, coba tarik bahu kebelakang, kemudian luruskan, cara kini akan membawa oksigen langsung ke otak anda, sehingga anda bisa berpikir lebih jernih.
  40. Gosokkan telapak tangan anda sampai hangat, dan kemudian letakkan dimata anda, dan rileks selama semenit penuh.
  41. Coba putar satu lagu Norah Jones. Studi menunkukkan bahwa orang yang mendengarkan musik yang pelan, detak jantung dan tekanan darah akan menurun
  42. Coba jalan2 di alam yang masih alami, atau taman yang settingannya alami.
  43. Maafin seseorang
  44. Duduk dengan posisi seperti ini: silangkan kaki, satu kaki diatas lainnya, letakkan jempol tangan didasar kelingking kaki anda. Gerakkan jempol kaki, dan urut jempol tangan anda ke arah jempol kaki. Gerakan ini membantu merileks-kan diafragma.
  45. Ucapkan tiga kali: "Saya melakukan yang terbaik", dan terima bahwa anda nggak selamanyua bisa mengendalikan situasi.
  46. Ketika telepon berbunyi, coba angkat pada dering ketiga atau kempat. Tarik napas dalam2 dan ingatkan diri anda supaya rileks.
  47. oleskan minyak wijen hangat di kening anda. Wijen, adalah salah satu bahan penenang, yang mampu menembus 7 lapisan kulit.
  48. Tulis semua solusi yang mungkin untuk masalah yang kamu hadapi. Lalu lupakan. Terus tulis semua hal yang membuat anda berterikma kasih.
  49. Tulis semua pujian buat kamu. Kalo lagi down, baca ulang.
  50. Yoga pendek: Berdiri tegak, ambil bola, tarik napas, angkat kdua tangan melewati kepala dan sentuhkan kedua telapak tangan bersamaan. Sambil menghembuskan napas, turunkan kedua tangan.
  51. Masuk ke stressremedy.com, dan lakukan salah satu cara relaksasi yang ada disana.
  52. Main dengan anak kucing
  53. Berdoa
  54. Refleksologi: tarik daun telinga dengan jempol dan telunjuk. Tarik perlahan dan biarkan tangan anda lepas dari daun telinga.
  55. Pakai pengharum ruangan beraroma melati. Penelian menunjukkan wangi melati akan membantu tidur nyaman.
  56. Jalan2 dan pikirkan 5 hal yang patut anda syukuri. Riset menunjukkan anda tidak mungkin stress dan bersyukur pada saat yang sama.
  57. masuk ke topfive.com, ada cerita2 lucu tiap harinya.
  58. Ingat seseorang yang anda cintai dan bacakan puisi cinta untuknya.
  59. Kalo ketemu pengemudi yang ugal2an, jangan fokus ke dia, coba fokus ke pengemudi lain. 5 menit fokus positif memperkuat imunitas badan selama 6 jam.
  60. Semprotkan bau pepermin di mobil, karena bau ini akan mengurangi keresahan, rasa lelah dan menurunkan frustasi ketika mengemudi
  61. Yoga singkat di mobil: SEbelum menstarter, coba letakkan tangnan dengan telapak menghadap keatas di pangkuan anda. TArik napas dalam melalui hidung. Ketika menghembuskan napas julurkan lidah dan coba sentuh ujung dagu anda. Lalu, dengan mata melihat keatas, tinju udara dan meraunglah sekeras mungkin.
  62. Pengen didongengin sebelum tidur? Ada audiobook yang dibacakan oleh Barbara Caruso. Coba cari dan putar kaset atau CDnya
  63. Kunyah permen karet rasa kayu manis, selain menyuntikkan energi, permen karet ini membantu membuat anda lebih awas dan mengurangi stress.
  64. Coba main ke Lime.com. Pilih ruangan yang anda suka dan ikuti saja instruksi yang ada.
  65. Melaniegriffith.com’s meditation room akan membantu anda dengan anda memilih satu dari 6 mantra yang berbeda tergantung dari topik. Baca sambil melihat video yang disediakan bagi anda.
  66. Masuk ke Gracecathedral.org, dan anda akan dituntun untuk rileks dan bermeditasi.
  67. Onegoddessway.com memberikan beberapa pilihan video yang menenangkan.
  68. Minum segelas susu.
  69. Makan brokoli.
  70. Makan sorbet, sertai dengan wafer vanila.
  71. Makan english muffin dengan selai atau madu.
  72. Makan segenggam kacang.
  73. Makan salmon.
  74. Makan coklat pahit. Usahakan dengan 70% coklat.
  75. Minum coklat panas.
  76. Beberapa aromaterapi anti stress antara lain adalah: jeruk, lemon, rosemary, peppermint, mawar, marjoram, lavender, kamomil, dan kenanga
  77. Telepon pacar, orang tua, atau temen deket. Mendengar suara mereka cukup untuk menenangkan dan melepaskan diri dari beban kamu.
  78. Dengarkan musik yang bisa membuat hati anda tenang dan hayati lagu itu sampai anda menagis.
  79. Menangis adalah salah satu untuk menghilangkan stres.
  80. dengarkan cerita-cerita lucu, dan hindari kegiatan yang membosankan.

0 komentar: